dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui kesalahan siswa SMA Negeri 1 Kutacane
dalam menyelesaikam soal logaritma, Mengetahui penyebab kesalahan siswa
SMA Negeri 1 Kutacane dalam menyelesaikan soal logaritma berdasarkan hasil
wawancara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes,
metode wawancara, dan dokumentasi. Tes yang digunakan berbentuk uraian
sebanyak 5 soal. Lima soal tersebut yang telah divalidkan dengan menggunakan
product moment. Instrumen penelitian diteskan pada subjek yang berjumlah 25
siswa kemudian dari 25 siswa diambil 3 siswa sebagai subjek penelitian dengan
kriteria 1 siswa dari kelompok atas 1 siswa dari kelompok sedang, dan 1 siswa
dari kelompok bawah. Kemudian 3 siswa tersebut diwawancarai untuk
mengetahui dan menangkap secara langsung seluruh informasi dari seluruh subjek
penelitian. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data serta penyajian
data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan oleh siswa
dalam mengerjakan soal yaitu tahap pemahaman konsep hanya 40% dari jumlah
siswa yang melakukan kesalahan. Tahap memahami langkah/prosedur terdapat
35% dari jumlah siswa kelas yang melakukan kesalahan. Tahap melaksanakan
komputasi/hitungan terdapat 25% dari jumlah siswa kelas yang melakukan
kesalahan Sebagian besar kesalahan ini disebabkan karena siswa kurang
memahami rumus Logaritma. |
en_US |