dc.contributor.author |
SRI, REZEKI |
|
dc.date.accessioned |
2023-07-22T03:07:23Z |
|
dc.date.available |
2023-07-22T03:07:23Z |
|
dc.date.issued |
2023-02-08 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20937 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
model pembelajaran Novick terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa
SMA Harapan Mekar Medan Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian dilaksanakan
di SMA Harapan Mekar Medan kelas X IPA sebanyak 29 siswa sebagai kelas
eksperimen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain
penelitian yaitu one- group pretest-postest design. Dari hasil penelitian diperoleh
nilai rata-rata pretest sebesar 45,52 dan rata-rata nila posttest sebesar 76,21.
Adapun teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji
normalitas dengan menggunakan uji kolmogorov smirnov data yang di ujikan akan
diolah dengan menggunakan program SPSS. Kesimpulan penelitian ini
menjelaskan bahwa terdapat pengaruh dari model pembelajaran Novick terhadap
kemampuan berpikir kritis matematis siswa dimana terdapat peningkatan nilai
rata-rata hasil belajar setelah diajarkan menggunakan model pembelajaran Novick.
Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji wilcoxon
signed test diperoleh nilai Z untuk kelas eksperimen sebesar 2,825 dengan nilai
asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,00 lebih kecil dari tingkat alfa 5% (0,05).
Sehingga dapat disimpulkan bahwa HO ditolak dan Ha diterima. |
en_US |
dc.subject |
Model Pembelajaran Novick |
en_US |
dc.subject |
Kemampuan Berpikir Kritis |
en_US |
dc.title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NOVICK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMA HARAPAN MEKAR MEDAN |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |