Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NOVICK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMA HARAPAN MEKAR MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author SRI, REZEKI
dc.date.accessioned 2023-07-22T03:07:23Z
dc.date.available 2023-07-22T03:07:23Z
dc.date.issued 2023-02-08
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20937
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Novick terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA Harapan Mekar Medan Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian dilaksanakan di SMA Harapan Mekar Medan kelas X IPA sebanyak 29 siswa sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yaitu one- group pretest-postest design. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 45,52 dan rata-rata nila posttest sebesar 76,21. Adapun teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dengan menggunakan uji kolmogorov smirnov data yang di ujikan akan diolah dengan menggunakan program SPSS. Kesimpulan penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat pengaruh dari model pembelajaran Novick terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa dimana terdapat peningkatan nilai rata-rata hasil belajar setelah diajarkan menggunakan model pembelajaran Novick. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji wilcoxon signed test diperoleh nilai Z untuk kelas eksperimen sebesar 2,825 dengan nilai asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,00 lebih kecil dari tingkat alfa 5% (0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa HO ditolak dan Ha diterima. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Novick en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kritis en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NOVICK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMA HARAPAN MEKAR MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account