dc.description.abstract |
Kesulitan dalam menyelesaikan soal tersebut harus diatasi dan akan
berpengaruh pada hasil belajar matematika siswa dan peran guru sangat
diperlukan untuk memberi penguatan mengenai soal persamaan nilai mutlak linier
satu variabel. Adapun rumusan masalahnya adalah apakah faktor daya ingat
rendah berpengaruh signifikan terhadap kesulitan siswa dalam menyelesaikan
soal, apakah faktor minat berpengaruh signifikan terhadap kesulitan siswa dalam
menyelesaikan soal, apakah faktor kemampuan belajar berpengaruh signifikan
terhadap kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal, apakah faktor kelelahan
berpengaruh signifikan terhadap kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal
apakah faktor lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap kesulitan
siswa dalam menyelesaikan soal dan pakah faktor lingkungan sekolah
berpengaruh signifikan terhadap kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal.
Jenis penelitian dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini
adalah analisis faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam menyelesaikan
soal persamaan nilai mutlak linier satu variabel di SMA Negeri 1 Kutacane Tahun
Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data
digunakan tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dipakai
deskriptif dan analisis data kualitatif.
Berdasarkan hasil kesimpulan faktor daya ingat rendah (X1) tidak
berpengaruh dan signifikan terhadap kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal.
Faktor minat (X2) berpengaruh positif dan signifikan tehadap kesulitan siswa
dalam menyelesaikan soal, faktor kemampuan belajar (X3) berpengaruh positif
dan signifikan tehadap kesulitas siswa dalam menyelesaikan soal, faktor kelelahan
(x4) tidak berpengaruh dan signifikan tehadap kesulitan siswa dalam
menyelesaikan soal, faktor lingkungan keluarga (X5) tidak berpengaruh dan
signifikan tehadap kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal dan faktor
lingkungan sekolah (X6) berpengaruh dan signifikan tehadap kesulitan siswa
dalam menyelesaikan soal. Secara bersama-sama bahwa faktor internal dan faktor
eksternal mempengaruh kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan
nilai mutlak linier satu variabel di SMA Negeri 1 Kuta Cane. Hal ini dapat dilihat
dari nilai F |
en_US |