dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui struktur wacana lisan
interaksi dosen dan mahasiswa di kelas A semester V di Program Studi
Bahasa Indonesia FKIP UMSU pada saat proses belajar mengajar
berlangsung. (2) mengetahui fungsi bahasa dalam wacana lisan interaksi
dosen dan mahasiswa di kelas A semester V di Program Studi Bahasa
Indonesia FKIP UMSU pada saat proses belajar mengajar berlangsung.
Penelitian ini merupakan studi kajian wacana yang dilakukan di Program
Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UMSU. Data penelitian ini
merupakan wacana lisan interaksi dosen dan mahasiswa dalam kaitan
pemakaian bahasa pada peristiwa komunikasi belajar mengajar di kelas.
Adapun sumber data penelitian ini dosen dan mahasiswa semester V kelas
A Pagi. Teknik analisis data dilakukan melalui teknik rekam, teknik catat,
dan teknik wawancara. Berdasarkan analisis dan pembahasan hasil
penelitian disimpulkan bahwa struktur wacana lisan di kelas antara dosen
dan mahasiswa yang dilakukan pada saat proses belajar mengajar, yakni saat
mahasiswa berbicara memiliki isi tentang mengakui adanya perasaan,
memuji dan memberi dorongan, mengakui atau menggunakan gagasan gagasan mahasiswa, memberikan pertanyaan, memberi kuliah atau ceramah,
memberikan arahan, dan memiliki kekuasaan untuk mengkritik atau
membenarkan, pada saat mahasiswa berbicara memiliki isi mengenai respon
kepada dosen dan memberikan gagasan kepada materi dosen. Aspek fungsi
bahasa pada masing-masing pertemuan memiliki fungsi yangberbeda-beda.
Aspek fungsi bahasa tersebut menyesuaikan dengan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan antara mahasiswa dan dosen. Konteks tutur
merupakan kegiatan dosen dalam menyampaikan materi sebagai
memberikan pembelajaran untuk menambah pengatahuan mahasiswa.
Tindak tutur merupakan pengetahuan yang didapat oleh mahasiswa atas
materi yang disampaikan dosen. |
en_US |