Research Repository

ANALISIS WACANA LISAN INTERAKSI DOSEN DAN MAHASISWA DI KELAS (Studi Kasus Pemakaian Bahasa di Prodi. Bahasa Indonesia FKIP UMSU)

Show simple item record

dc.contributor.author DEA, AMADA
dc.date.accessioned 2023-07-18T03:27:24Z
dc.date.available 2023-07-18T03:27:24Z
dc.date.issued 2023-05-11
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20864
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui struktur wacana lisan interaksi dosen dan mahasiswa di kelas A semester V di Program Studi Bahasa Indonesia FKIP UMSU pada saat proses belajar mengajar berlangsung. (2) mengetahui fungsi bahasa dalam wacana lisan interaksi dosen dan mahasiswa di kelas A semester V di Program Studi Bahasa Indonesia FKIP UMSU pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Penelitian ini merupakan studi kajian wacana yang dilakukan di Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UMSU. Data penelitian ini merupakan wacana lisan interaksi dosen dan mahasiswa dalam kaitan pemakaian bahasa pada peristiwa komunikasi belajar mengajar di kelas. Adapun sumber data penelitian ini dosen dan mahasiswa semester V kelas A Pagi. Teknik analisis data dilakukan melalui teknik rekam, teknik catat, dan teknik wawancara. Berdasarkan analisis dan pembahasan hasil penelitian disimpulkan bahwa struktur wacana lisan di kelas antara dosen dan mahasiswa yang dilakukan pada saat proses belajar mengajar, yakni saat mahasiswa berbicara memiliki isi tentang mengakui adanya perasaan, memuji dan memberi dorongan, mengakui atau menggunakan gagasan gagasan mahasiswa, memberikan pertanyaan, memberi kuliah atau ceramah, memberikan arahan, dan memiliki kekuasaan untuk mengkritik atau membenarkan, pada saat mahasiswa berbicara memiliki isi mengenai respon kepada dosen dan memberikan gagasan kepada materi dosen. Aspek fungsi bahasa pada masing-masing pertemuan memiliki fungsi yangberbeda-beda. Aspek fungsi bahasa tersebut menyesuaikan dengan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan antara mahasiswa dan dosen. Konteks tutur merupakan kegiatan dosen dalam menyampaikan materi sebagai memberikan pembelajaran untuk menambah pengatahuan mahasiswa. Tindak tutur merupakan pengetahuan yang didapat oleh mahasiswa atas materi yang disampaikan dosen. en_US
dc.subject Wacana Lisan Interaksi en_US
dc.title ANALISIS WACANA LISAN INTERAKSI DOSEN DAN MAHASISWA DI KELAS (Studi Kasus Pemakaian Bahasa di Prodi. Bahasa Indonesia FKIP UMSU) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account