Research Repository

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematis Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa Kelas VII SMP

Show simple item record

dc.contributor.author Fadilah, Putri
dc.date.accessioned 2020-03-05T16:52:58Z
dc.date.available 2020-03-05T16:52:58Z
dc.date.issued 2018-07-19
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2077
dc.description.abstract Penelitian ini Bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), Bahan Ajar, LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik), Media Pembelajaran, dan THB (tes Hasil Belajar) berbasis Realistic Mathematis Education (RME) pada materi Perbandingan Pada siswa SMP kelas VII. Kualitas produk yang dikembangkan dinilai berdasarkan asvek kevalidan. Produk pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model 4-D, yaitu Define (Pendefinisiaan), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Karena keterbatasan peneliti, penelitian dikembangankan hingga tahap develop. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-B SMP AL-HIDAYAH Medan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah lembar penilaiaan RPP (Rencana Pelaksanaan pembelajaran), Bahan Ajar, LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik), Media Pembelajaran, dan THB (Tes Hasil Belajar) untuk mengukur kevalidan, angket respon siswa untuk mengukur kepraktisan. Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan berdasarkan skor rata-rata RPP yaitu 4.50 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria sangat baik. Skor rata-rata Bahan Ajar yaitu 4.60 dengan skor maksimal 5,00 dengan kriteria sangat baik. Skor rata-rata LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) yaitu 4,52 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria sangat baik. Skor rata rata Media Pembelajaran yaitu 4,50 darei skor maksimal 5,00 dengan kriteria sangat baik. Skor rata-rata THB (Tes Hasil Belajar) yaitu 4,53 dari 5,00 dengan kriteria sangat baik. Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis berdasarkan skor rata-rata angket respon siswa 4,88 dari maksimal 5,00 dengan kriteria sangat baik. en_US
dc.publisher Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara en_US
dc.subject Perangkat Pembelajaran en_US
dc.subject Realistic Mathematis Education (RME) en_US
dc.title Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematis Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa Kelas VII SMP en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account