dc.description.abstract |
Penelitian ini Bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), Bahan Ajar, LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik), Media Pembelajaran, dan THB (tes Hasil Belajar) berbasis Realistic Mathematis Education (RME) pada materi Perbandingan Pada siswa SMP kelas VII. Kualitas produk yang dikembangkan dinilai berdasarkan asvek kevalidan.
Produk pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model 4-D, yaitu Define (Pendefinisiaan), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Karena keterbatasan peneliti, penelitian dikembangankan hingga tahap develop. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-B SMP AL-HIDAYAH Medan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah lembar penilaiaan RPP (Rencana Pelaksanaan pembelajaran), Bahan Ajar, LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik), Media Pembelajaran, dan THB (Tes Hasil Belajar) untuk mengukur kevalidan, angket respon siswa untuk mengukur kepraktisan. Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan berdasarkan skor rata-rata RPP yaitu 4.50 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria sangat baik. Skor rata-rata Bahan Ajar yaitu 4.60 dengan skor maksimal 5,00 dengan kriteria sangat baik. Skor rata-rata LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) yaitu 4,52 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria sangat baik. Skor rata rata Media Pembelajaran yaitu 4,50 darei skor maksimal 5,00 dengan kriteria sangat baik. Skor rata-rata THB (Tes Hasil Belajar) yaitu 4,53 dari 5,00 dengan kriteria sangat baik. Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis berdasarkan skor rata-rata angket respon siswa 4,88 dari maksimal 5,00 dengan kriteria sangat baik. |
en_US |