dc.description.abstract |
Latar Belakang: Kepribadian manusia dapat dibedakan menjadi dua, yaitu kepribadian
ekstrover dan kepribadian introver. Mahasiswa dengan tipe kepribadian ekstrover pada
umumnya dapat belajar dengan temennya untuk memahami materi sementara tipe
kepribadian introver pada pembelajaran PBL lebih pasif untuk mengembangkan dan
memecahkan materi pembelajaran yang dilakukan saat belajar mandiri. Pendekatan
belajar ini berhubungan positif dengan kualitas belajar. Metode: Penelitian ini berjenis
deskriptif analitik korelatif dengan metode potong lintang (cross sectional). Subjek
penelitian berjumlah 92 orang yang diambil dengan metode proposionate stratified
random sampling. Data analisis menggunakan uji korelasi gamma atau somers D. Hasil:
Uji Korelasi Gamma menunjukkan p=0,001 (P<0,05) yang berarti terdapat hubungan tipe
kepribadian dengan pendekatan belajar mahasiswa berdasarkan tahap akademik di FK
UMSU. Kesimpulan: Ada hubungan antara tipe kepribadian dengan pendekatan belajar
mahasiswa/i berdasarkan tahap akademik di FK UMSU. |
en_US |