dc.description.abstract |
Kajian ini dilatarbelakangi pelayanan dan pemahaman masyarakat terhadap LKMS, faktor yang mempengaruhi minat masyarakat untuk menabung di lembaga keuangan syariah khususnya koperasi syariah yaitu pelayanan, bagi hasil, keyakinan dan lokasi. Beragam faktor, sikap dan perilaku pedagang diantaranya disebabkan oleh rendahnya pemahaman masyarakat terhadap LKMS, masyarakat beranggapan bahwa sistem bagi hasil yang diterapkan bank syariah sama seperti halnya sistem bunga yang diterapkan oleh bank konvensional, serta disebabkan minimnya jumlah LKMS.
Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pedagang dalam menggunakan LKMS khususnya koperasi Syariah. Bagaimana pelayanan yang diberikan pihak koperasi terhadap nasabah.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan sumber data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/ angket dengan jumlah sampel 84 responden. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi (R2), uji hipotesis dan uji regresi linier berganda.
Hasil analisis data ini menunjukkan bahwa pelayanan LKMS dan pemahaman pedagang sangat memiliki pengaruh terhadap peningkatan keputusan pedagang dalam menggunakan lembaga keuangan mikro syariah pada KSU Syariah Mitra Mandiri Pratama, dengan kata lain apabila perusahaan ingin meningkatkan keputusan pedagang dalam menggunakan lembaga keuangan mikro syariah pada KSU Syariah Mitra Mandiri Pratama maka dapat dilakukan dengan upaya perusahaan untuk meningkatkan pelayanan LKMS dan pemahaman pedagang. |
en_US |