Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GOLD (GUIDED, ORGANIZING, LEAFLET, DISCOVERY)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP MUHAMMADIYAH 11 BABALAN

Show simple item record

dc.contributor.author HAIRANI, KHADIJAH
dc.date.accessioned 2022-11-30T07:43:00Z
dc.date.available 2022-11-30T07:43:00Z
dc.date.issued 2022-11-30
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19928
dc.description.abstract Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran GOLD terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matemtika di SMP Muhammadiyah 11 Babalan? Bagaimana sikap siswa terhadap model pembelajaran GOLD pada pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 11 Babalan? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran GOLD terhadap pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 11 Babalan, untuk mengetahui bagaimana sikap siswa terhadap model pembelajaran GOLD pada pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 11 Babalan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Pretest-postest dengan satu perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran GOLD (Guided Organizing Leaflet Discovery) yaitu Tahap Bimbingan(Guided, Tahap Pengorganisasian (Organizing), Tahap Lembar Balik (Leaflet) dan Tahap Penemuan (Discovery). Hasil penelitian menggunakan model pembelajaran GOLD di SMP Muhammadiyah 11 Babalan diketahui bahwa rata rata angket kelas eksperimen lebih besar dibanding kelas kontrol yaitu 75,35 > 70,2 berarti model pembelajaran GOLD baik digunakan dalam pembelajaran matematika. Hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dibanding kelas kontrol yaitu 82,3 > 80,3. Pengujian Uji-t diperoleh karena thitung > ttabel yaitu 2,060 > 2,016 maka terdapat pengaruh yang signifikan dengan penggunaan model pembelajaran GOLD terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 11 Babalan. en_US
dc.subject Pembelajaran Matematika en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GOLD (GUIDED, ORGANIZING, LEAFLET, DISCOVERY)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP MUHAMMADIYAH 11 BABALAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account