dc.description.abstract |
Penelitan ini mengkaji jenis tindak tutur direktif guru terhadap siswa di MTs Al-Washliyah Bulan-Bulan dalam proses pembelajaran di dalam kelas dengan kajian pragmatik. Adapun tujuan penelitian ini mengetahui jenis-jenis tindak tutur direktif yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran di MTs Al-Washliyah Bulan-Bulan. Penelitian ini menggunakan kajian pragmatik, tindak tutur direktif dengan pendekatan Prayitno yang terbagi menjadi enam, yaitu perintah, permintaan, ajakan, nasihat, kritikan, dan larangan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan instrumen pedoman observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu observasi, pengumpulan data rekaman interaksi yang dilakukan guru terhadap siswa, mentranskip data rekaman, mengidentifikasi data yang diduga mengandung tindak tutur direktif, dan menyimpulkan hasil analisis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 29 jenis tindak tutur direktif yang terdiri dari 5 data jenis tindak tutur direktif perintah, 8 data jenis tindak tutur direktif permintaan, 6 data jenis tindak tutur direktif ajakan, 4 data jenis tindak tutur direktif nasihat, 3 data jenis tindak tutur direktif kritikan, dan 3 data jenis tindak tutur direktif larangan. |
en_US |