dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Apakah penggunaan metode picture and picture pada materi bangun ruang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMP Muhammadiyah 57 Medan ? 2) Bagaimanakah ke efektifan penggunaan metode picture and picture dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa di SMP Muhammadiyah 57 Medan ?. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar dengan penggunaan metode pembelajaran Picture And Picture. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Data penelitian ini diperoleh melalui tes dan observasi dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP Muhammadiyah 57 Medan T.P.2022/2023. Dengan jumlah siswa 31 orang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus mempunyai tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data peningkatan siswa yang diperoleh dilapangan ditulis dalam bentuk tabel dan diagram. Setelah data dianalisis diperoleh beberapa temuan yaitu tes awal menunjukan bahwa ketuntasan siswa mencapai 22,58% (7 siswa) dengan nilai rata-rata 53,54, siklus I mencapai 10% (3 siswa) dengan nilai rata-rata 55,48 dan terjadi penurunan sebesar 12,58%, serta presentase ketuntasan siklus II mencapai 84% (26 siswa) dengan nilai rata-rata 84,83 dan terjadi peningkatan sebesar 71,42%. Dengan demikian pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal terpenuhi karena ≥ 75%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Picture And Picture dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan. |
en_US |