dc.contributor.author | Indra, Muhammad Abdul Piki | |
dc.date.accessioned | 2022-11-15T02:16:17Z | |
dc.date.available | 2022-11-15T02:16:17Z | |
dc.date.issued | 2022-08-05 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19473 | |
dc.description.abstract | Pendahuluan: tingkat kepuasan dan kendala pemanfaatan e-learning dapat diukur melalui kuesioner. Tingkat kepuasan dapat dipengaruhi oleh faktor persepsi mahasiswa yang berperan penting terhadap tingkat kepuasan pemanfaatan e-larning dalam perkuliahan. Tingkat kepuasan merupakan segala kondisi dan pengaruh dari dalam diri mahasiswa terhadap pemanfaatan e-learning. Semakin tinggi tingkat kepuasan pemanfaatan e-learning maka minat mahasiswa akan semakin tinggi untuk menggunakan e-learning sehingga akan bertampak puas. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan dan kendala pemanfaatan e-learning di FK UMSU. Metode: penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain cross sectional. Sampel penelitian berjumlah 68 mahasiswa FK UMSU angkatan 2019, 2020 dan 2021 yang diambil dengan metode consecutive sampling. Penelitian ini diuji dengan kuesioner tingkat kepuasan telah divalidasi dengan SPSS didapatkan nilai Rhitung>Rtabel. Hasil Penelitian: Secara keseluruhan menunjukan hasil puas pada persepsi mahasiswa tentang e-learning dengan jumlah nilai 77,7%. Nilai mean komponen tingkat kepuasan menunjukan hasil yang baik pada persepsi mahasiswa tehadap e-learning. Kendala yang dijumpai paling tinggi ialah perangkat error dan serverdown. Kesimpulan: Persepsi mahasiswa terhadap pemanfaatan e-learning dikategorikan puas dan ditemukan kendala terutama perangkat error dan serverdown. | en_US |
dc.subject | e-learning | en_US |
dc.subject | tingkat kepuasan | en_US |
dc.subject | kendala | en_US |
dc.title | GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN DAN KENDALA PEMANFAATAN ELECTRONIC LEARNING DI FAKULTAS KEDOKTERAN UMSU | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |