dc.description.abstract |
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran
matematika berbasis edutainment pada materi aritmatika sosial di tingkat SMP
kelas VII dan dengan menggunakan macromedia flash 8. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis
edutainment di tingkat SMP kelas VII, dan bagaimana kelayakan media
pembelajaran matematika berbasis edutainment pada pembelajaran matematika,
serta untuk mengetahui respon dan ketertarikan peserta didik terhadap
pengembangan media pembelajaran berbasis edutainment di tingkat SMP kelas VII.
Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model
pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design,
Development, Implementation, dan Evaluation. Pada tahap Implementation peneliti
membatasi uji coba dalam skala kecil dengan jumlah 15 peserta didik. Hasil
penelitian ini memperoleh prentase tingkat kevalidasi 90% oleh ahli materi, 91%
oleh ahli media, 82.4% peserta didik menyatakan tertarik yang artinya
pengembangan media pembelajaran matematika berbasis edutainment ini layak dan
valid sebagai media pembelajaran matematika. |
en_US |