dc.contributor.author |
RITONGA, SISKA YULI KARTIKA |
|
dc.date.accessioned |
2022-11-03T07:16:02Z |
|
dc.date.available |
2022-11-03T07:16:02Z |
|
dc.date.issued |
2022-11-03 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19169 |
|
dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana pengaruh model
Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar matematika siswa SMP
Harapan Mekar Medan. (2) bagaimana peningkatan hasil belajar matematika siswa
dengan menggunakan model Student Facilitator and Explaining. Tujuan penelitian
ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari penggunaan model
pembelajaran Student Facilititor and Explaining terhadap hasil belajar siswa SMP
Harapan Mekar Medan. (2) untuk mengetahui bagaimana peningkatan proses
pembelajaran dengan menggunakan model Student Facilititor and Explaining
terhadap hasil belajar siswa SMP Harapan Mekar Medan. Populasi dan sampel dalam
penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Harapan Mekar Medan yang berjumlah 24
orang dengan jumlah 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Jenis penelitian ini
adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest Postest.
Instrument penelitian menggunakan essay tes tentang bilangan berpangkat dan bentuk
akar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes awal (pretest) dan tes akhit
(posttest). Teknis analisis data menggunakan uji normalitas. Uji hipotesis digunakan
untuk uji t dan uji determinan.dan hasil penelitian menggunakan uji-t sampel
berpasangan (paired-sample t test) menggunakan SPSS 22 yang menghasilkan
signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga terbukti bahwa diterima ditolak. Dan hasil
uji determinan yang dilakukan diperoleh sebesar 1,30%. Maka dapat disimpulkan
bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Student Facilititor and Explaining
terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Harapan Mekar Medan dan adapun
peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model Student Facilitator And
Explaining adalah sebesar 1,30%. |
en_US |
dc.subject |
Hasil Belajar |
en_US |
dc.subject |
Model Student Facilitator |
en_US |
dc.subject |
Explaining |
en_US |
dc.title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP HARAPAN MEKAR MEDAN |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |