dc.description.abstract |
Velg pada kendaraan sepeda motor merupakan komponen penting pada sebuah
kendaraan dimana velg merupakan komponen kendaraan yang langsung
bersinggungan dengan jalan raya. Pada masa ini banyak pengguna sepeda motor
memakai velg jenis casting wheel karena memiliki nilai estetika tanpa
mengesampingkan keselamatan bagi pengendara. Dalam penelitian ini dilakukan
perancangan dan analisis kekuatan velg cast wheel sepeda motor dengan jumlah
spoke (palang) sebanyak 5 spoke dengan variasi kecepatan impact yang diberikan
pada velg cast wheel sebesar 15 km/h, 20 km/h, 25 km/h, 30 km/h dan 35 km/h.
Material velg yang digunakan adalah Aluminium Alloy 6063-T6 dan material
proyektil yang digunakan adalah Aluminium Alloy 6063-O. Velg yang akan
dirancang memiliki ukuran diameter 433,3 mm dan lebar 68 mm dan proyektil
memiliki ukuran Panjang 77,45 mm dan lebar 68 mm. Untuk memudahkan proses
desain model dan simulasi yang akan dilakukan pada velg cast wheel, dapat
dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak yang berbasis metode elemen
hingga berupa Solidworks. Dengan menggunakan perangkat lunak tersebut kita
dapat merancang serta menyimulasikan rancangan sehingga dapat diketahui
tegangan dan regangan yang terjadi pada simulasi beban impact pada dasar bidang
spoke dan simulasi beban impact pada dasar bidang antar spoke velg cast wheel
yang telah dirancang. Dimana nilai tegangan dan regangan akan mengalami
kenaikan seiring dengan perubahan variasi kecepatan dan distribusi tegangan
tertinggi terjadi pada simulasi beban impact pada dasar bidang antar spoke. |
en_US |