dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Two
Stay Two Stray efektif untuk digunakan dalam pembelajaran dan untuk mengetahui
apakah ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model
pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar matematika siswa
UPT.SMP Negeri 1 Laut Tador Tahun Pelajaran 2022/2023. Populasi dari
penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII UPT.SMP Negeri 1 Laut Tador yang
berjumlah 130 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah siswa UPT.SMP Negeri 1 Laut Tador kelas VII-1 yang berjumlah 26 siswa.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian
yaitu one-group pretest-postest design. Adapun teknik analisa data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah uji normalitas dengan menggunakan uji kolmogorov
smirnov dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. data yang di ujikan akan diolah
dengan menggunakan program SPSS. hasil penelitian yang telah dilaksanakan
diperoleh bahwa nilai g factor merentang dari -10,75 (kategori rendah) sampai
dengan 49,5 ( kategori tinggi ). Dengan persentase g factor yang berada dalam
kategori rendah yaitu 26,6% dan persentase g factor dalam kategori tinggi yaitu
73,3 %. Sedangkan dalam kategori sedang dan kategori false ialah 0 % dan dari data
itu dapat diperoleh nilai rata-rata g factor adalah 9,71 % maka termasuk dalam
kualitas kategori tinggi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Two
Stay Two Stray efektif terhadap hasil belajar Matematika siswa di UPT.SMP Negeri
1 Laut Tador TP. 2022/2023. |
en_US |