dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran collaborative learning terhadap pemecahan masalah siswa. Siswa
diberi tes untuk melihat bagaimana hasil pemecahan masalah matematika siswa.
Respond, dan aktivitas siswa terhadap pembelajaran. Kemudian peneliti
mendeskripsikan hasil tersebut dalam analisis data. Metode yang digunakan
peneliti adalah metode pra-eksperimen dengan menggunakan one group pretest posttest design. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Tritech Informatika Medan
pada kelas X- Multimedia Executive sebanyak 25 siswa. Hasil uji hipotesis yang
dilakukan pada penelitian ini menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 16,4037
dengan nilai t table pada taraf signifikan = 0,5 yaitu sebesar 2.060 artinya nilai t
hitung > nilai t tabel atau 16,4037 > 2.060.sehingga Ha diterima dan H0 ditolak
Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada model
pembelajaran Collaborative Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa SMK Tritech Informatikan Medan. |
en_US |