dc.description.abstract |
Permasalahan penelitian ini adalah Apakah Ada Hubungan Minat Baca
Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan di MTs.Islamiyah Sunggal Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Tujuan penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Hubungan Minat Baca Dengan
Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di
MTs.Islamiyah Sunggal Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi yang
digunakan pada penelitian ini adalah kelas IX di MTs.Islamiyah Sunggal
Medan yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 129 orang siswa, Teknik
pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive Sampling
yaitu kelas yang menjadi sampel yang diteliti adalah kelas IX sebanyak 30
orang siswa. Instrument yang digunakan adalah angket tertutup. Yang mana
angket ini melakukan pengamatan di MTs.Islamiyah Sunggal Medan serta
angket Hubungan Minat Baca Dengan Hasil Belajar Siswa. Dari hasil
penelitian ini dapat dilihat peningkatan hasil belajar siswa dengan hubungan
minat baca dengan penelitian yang dilakukan, maka ditemukan bahwa
hubungan minat baca sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Ini terbukti dengan dengan nilai
koefisien korelasi rℎitung= 1,094. Dari table r Product Moment untuk N= 30
diperoleh rtabel= 0,361. Jadi, karena(1,094) > (0,361) maka korelasi Sangat
Kuat. Dari hasil perhitungan hipotesis diperoleh tℎitung= 13,075 sebesar taraf
signifikan α =0,05 dan dk = n – 2 = 30 – 2 =28, maka peroleh harga =1,701.
Diperoleh tℎitung13,075> 1,701. ini berarti Ha diterima artinya ada nya pengaruh
yang signifikan antara hubungan minat baca dengan hasil belajar siswa.
Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat hubungan minat baca terhadap
hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di
MTs.Islamiyah Sunggal Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. |
en_US |