dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model
Contextual Teaching Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan
penerapan model Contextual Teaching Learning dapat meningkatkan minat
belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang mana
Penelitian Tindakan Kelas berorientasi pada peningkatan kualitas
pembelajaran. Sesuai orientasinya, jenis penelitian ini memiliki kelebihan
untuk memperbaiki atau meningkatkan proses dan kualitas hasil belajar.
Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis kualitatif. Analisis kualitatif
dilakukan dengan cara peneliti merefleksi hasil kuesioner dan observasi
terhadap proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh peneliti dan siswa di
dalam kelas, sehingga dapat memberikan gambaran tentang hasil penelitian di
MAN 1 Aceh Tenggara. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen
penelitian berupa angket atau kuesioner dalam bentuk Google Form untuk
mengumpulkan data. Peneliti akan meminta responden untuk menjawab
pertanyaan atau pernyataan yang paling tepat dengan pendapat, perasan,
penilaian, atau posisi responden. Pada kondisi awal atau pra-siklus, dari 30
siswa 20 diantaranya telah mencapai KKM 70 dengan persentase 66,67% dan
ada 10 siswa yang belum mencapai KKM 70 dengan persentase 33,33%. Lalu
setelah dilaksanakan siklus I dari 30 siswa 22 diantaranya telah mencapai
KKM 70 dengan persentase 73,3% sementara masih ada 8 siswa yang belum
mencapai KKM 70 dengan persentase 26,6%. Hal ini menunjukkan bahwa ada
peningkatan sebesar 6,6% dari sebelum digunakannya model pembelajaran
Contextual Teaching Learning. Dan pada siklus II, ternyata dari 30 siswa 28
diantaranya telah berhasil mencapai KKM 70 dengan persentase 93,33%, dan
2 siswa belum mencapai KKM 70 dengan persentase 6,66%. Dan antara siklus
I ke siklus II semakin terlihat peningkatan yang signifikan, dengan
peningkatan minat belajar siswa sebesar 20% dari sebelumnya yang hanya 6%
saja terhitung dari pra-siklus. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
dengan diterapkannya model pembelajaran Contextual Teaching Learning
dapat meningkatkan minat belajar siswa terkhusus dalam mata pelajaran
PPKn. |
en_US |