dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD menggunakan
model Guided Discovery Learning berbasis Cabri 3D yang valid dan efektif.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dan menggunakan
prosedur penelitian 4-D (four-D), yaitu tahap pendefinisian (define), tahap
perancangan (design), tahap pengembangan (development) dan tahap
penyebaran (dessiminate). Hasil penelitian ini: 1) penelitian telah
menghasilkan LKPD menggunakan model Guided Discovery Learning
berbasis Cabri 3D; 2) hasil penilaian LKPD dari ahli materi dengan presentase
nilai 84,7% dengan kategori cukup valid, dan penilaian LKPD dari ahli media
dengan presentase 89% dengan kategori sangat valid; 3) hasil uji coba
penilaian pada kelas VIII-B melalui angket respon peserta didik dengan ratarata
presentase 86,3% dengan kategori sangat efektif, dan hasil penyebaran
yang dilakukan pada kelas VIII-A memperoleh hasil rata-rata presentase
87,5% dengan kategori sangat efektif. Dari hasil penilaian ahli materi, ahli
media dan respon peserta didik, maka LKPD yang dikembangkan valid dan
efektif digunakan sebagai media pembelajaran oleh peserta didik. |
en_US |