Research Repository

ANALISIS BREAK EVEN POINT (BEP) SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA PADA UD. POKUJON

Show simple item record

dc.contributor.author Rizky, Asprizal
dc.date.accessioned 2022-09-26T07:21:31Z
dc.date.available 2022-09-26T07:21:31Z
dc.date.issued 2022-09-26
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18483
dc.description.abstract Tujuan Penelitian untuk mengetahui analisis Break Even Point sebagai perencanaan laba pada UD. Pokujon dan untuk menganalisis jumlah penjualan yang harus dicapai agar UD. Pokujon mencapai perencanaan laba pada bulan Mei, Juni, dan Juli 2022. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu studi dokumentasi berupa laporan keuangan UD. Pokujon. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa margin kontribusi pada UD. Pokujon mampu menutupi biaya tetap dalam memperoleh laba bersih dan Break even point sebagai perencanaan laba pada UD. Pokujon telah melewati titik impas pada bulan Juli, Agustus, dan September 2021 baik dalam Unit atau Rupiah. Sehingga perusahaan mampu memperoleh laba dari aktivitas produksi. Persentase Margin of safety oleh UD. Pokujon yang dihasilkan dari bulan Juli sampai dengan September 2021 menunjukkan penurunan, terutama pada bulan September yang mana Margin of safety diperoleh sebesar 42%, hal ini berarti bahwa kondisi perusahaan akan semakin rawan mengalami kerugian karena memiliki Margin of safety yang lebih kecil dari bulan sebelumnya. UD. Pokujon menargetkan kenaikan laba pada bulan Mei 2022 sebesar 30% dari penjualan, sehingga harus mampu menjual produknya sebanyak 51 unit atau dengan penjualan sebesar Rp.4.306.938,78. Bulan Juni 2022, UD. Pokujon menargetkan kenaikan laba sebesar 35% dari penjualan, sehingga harus mampu menjual produknya sebanyak 58 unit atau dengan penjualan sebesar Rp.4.919.132,65. Bulan Juli 2022, UD. Pokujon menargetkan laba sebesar 77% dari penjualan, sehingga harus mampu menjual produknya sebanyak 35 unit atau dengan penjualan sebesar Rp.4.007.416,67. en_US
dc.subject Break Event Point en_US
dc.subject Perencanaan Laba en_US
dc.title ANALISIS BREAK EVEN POINT (BEP) SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA PADA UD. POKUJON en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account