Research Repository

Upaya Meningkatkan Pemahaman Makanan Sehat Melalui Praktek Langsung Di RA Al-Ikhlas Kampung Bangun Desa Meranti Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu

Show simple item record

dc.contributor.author Poniah
dc.date.accessioned 2020-03-03T13:58:04Z
dc.date.available 2020-03-03T13:58:04Z
dc.date.issued 2018-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1816
dc.description.abstract Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan pemahaman anak tentang makanan sehat dengan kegiatan praktek langsung di RA Al-Ikhlas Kampung Bangun Desa Meranti Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam tiga siklus dengan tahapantahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data penelitian berupa observasi, dokumentasi dan tanya jawab. Subjek penelitian adalah anak kelompok B di RA Al-Ikhlas yang berjumlah 18 orang anak. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa melalui praktek langsung dapat meningkatkan pemahaman makanan sehat pada anak kelompok B di RA Al-Ikhlas Kampung Bangun Desa Meranti Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu dengan rata-rata ketuntasan klasikal sejak prasiklus, siklus I, siklus II dan siklus III yaitu 20,83 % (kurang), 45,83 % (cukup), 76,39 % (baik), dan 94,45 % (baik sekali). Dengan demikian, kepada guru di RA Al-Ikhlas hendaklah senantiasa berupaya meningkatkan kompetensi dalam melaksanakan tugas, salah satunya adalah melaksanakan kegiatan-kegiatan yang mudah dipahami dan membuat kemampuan anak dalam memahami materi dapat dilakukan dengan baik. en_US
dc.subject Pemahaman en_US
dc.subject Makanan en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Pemahaman Makanan Sehat Melalui Praktek Langsung Di RA Al-Ikhlas Kampung Bangun Desa Meranti Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account