dc.description.abstract |
Rendahnya kecerdasan interpersonal anak di RA Ar-Rahim Binjai
menyebabkan interaksi anak dengan anak lainnya menjadi kurang maksimal,
anak kurang berbaur dan bersosialisasi dengan baik, kurang peduli dan
cenderung menyendiri. Hal ini menuntut adanya upaya peningkatan kecerdasan
anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak
dengan metode peer teaching di RA Ar-Rahim Kecamatan Binjai Kabupaten
Langkat Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan dengan metode
kualitatif melalui pendekatan PTK yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang
dirancang secara sistematis dengan beberapa tahapan yaitu perencaanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak
kelompok B di RA Ar-Rahim yang berjumlah sebanyak 24 anak. Untuk
mendapatkan data penelitian maka digunakan teknik observasi, dokumentasi dan
tanya jawab. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan
nilai rata-rata klasikal dimana pada prasiklus nilai klasikal hanya sebesar 38,54
% yang kemudian mengalami peningkatan pada siklus I yaitu sebesar 48,96 %
dengan kriteria “Cukup”. Pada pelaksanaan tindakan kelas di siklus II tingkat
capaian anak mengalami peningkatan yaitu mencapai 75,00 % dengan kategori
“Baik” dan mengalami peningkatan kembali secara signifikan di siklus III
sebesar 95,84 % dengan kategori “Baik Sekali”. Kesimpulan penelitian ini
adalah dengan metode peer teaching dapat meningkatkan kecerdasan
interpersonal anak di RA Ar-Rahim Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat Tahun
Ajaran 2018/2019. |
en_US |