dc.description.abstract |
Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Pada Anggota Pengajian Dalam
Meningkatkan Jumlah Nasabah. Semakin bertambahnya perkembangan
perekonomian di Negara Indonesia saat ini menyebabkan setiap lembaga
keuangan syariah dituntut untuk lebih kereatif dan inovatif karena semakin ketat
tingkat persaingan bisnis maka dibutuhkan fungsi pemasaran yang baik, sehingga
tujuan yang di harapkan oleh Lembaga Keuangan Syariah akan tercapai, karena
pemasaran merupakan ujung tombak suatu perusahaan. Oleh karena itu, sangat
diperlukan strategi pemasaran yang baik. Strategi pemasaran merupakan hal yang
penting dalam keberhasilan sebuah BMT agar rencana yang dibuat dapat
dilaksanakan dan untuk tujuan yang telah ditentukan, khususnya BMT Mandiri
Abadi Syariah Medan agar masyarakat bisa mengenal dan memahami produk
pembiayaan BMT. Dengan melakukan kegiatan pemasaran yang terarah dan
efisien maka BMT akan mampu menghadapi persaingan yang ketat serta akan
lebih mudah menarik masyarakat untuk bergabung dengan perusahaannya.
Sehingga hal ini akan berdampak pada meningkatnya jumlah nasabah di BMT
Mandiri Abadi Syariah Medan. Penenlitian ini bertujuan untuk mengetahui
strategi pemasaran yang diterapkan BMT Mandiri Abadi Syariah pada anggota
pengajian dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah dan untuk mengetahui apa
saja kendala yang dihadapi BMT Mandiri Abadi Syariah dalam melakukam
strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah nasabah. Penelitian ini
menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan pola pikir
induktif. Data penelitian bersumber dari data primer dan sekunder. Data primer
diperoleh dari hasil observasi atau pengamatan langsung dilokasi BMT melalui
wawancara dan dokumentasi. Data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan BMT
Mandiri Abadi Syariah Pada Anggota Pengajian Dalam Meningkatkan Jumlah
Nasabah adalah : meningkatkan pelayanan kepada anggota, meningkatkan
kualitas kerja yang lebih baik lagi pada pembinaan anggota dalam sumber daya
manusia dan meningkatkan kegiatan promosi kepada masyarakat. Adapun kendala
yang dihadapi dalam kegiatan pemasaran di BMT Mandiri Abadi Syariah Medan
adalah : masyarakat yang masih banyak belum tau tentang keanggotaan di BMT
Mandiri Abadi Syariah sehingga untuk penyaluran pembiayaan ke masyarakat
terkendala. |
en_US |