dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk; pertama, mengidentifikasi penanaman
nilai-nilai Pancasila untuk mewujudkan good citizenship pada siswa di SMA
Swasta Meranti; kedua, mengidentifikasi masalah bagaimana cara menanamkan
kesadaran siswa dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila untuk mewujudkan
sikap menjadi warga negara yang baik (Good Citizenship).
Jenis penelitian ini adalah deskriftif dengan pendekatan kualitatif, subjek
penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan juga siswa. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi dengan sumber data
dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis menggunakan analisis
kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penanaman nilai-nilai Pancasila untuk
mewujudkan good citizenship pada siswa di SMA Swasta Meranti adalah dengan
melalui pemahaman kuat tentang nilai-nilai Pancasila sebagai modal awal untuk
membentuk sikap dan juga karakter siswa, melalui pembelajaran PPKN dengan
menggunakan metode historis dan metode deskriptif, hambatan-hambatan yang
ditetumakan yaitu faktor lingkungan, karakter dan kurangnya pengetahuan
Pancasila. Upaya yg dilakukan yaitu menanamkan nilai Pancasila melalui mata
pelajaran PPKN dan melakukan pendekatan dengan siswa dan memberikan
keteladanan baik. |
en_US |