dc.description.abstract |
Layanan informasi adalah suatu kegiatan yang memberikan pemahaman kepada
individu-individu yang berkepentingan tentang berbagi hal baik itu untuk
kepentingan hidup ataupun perkembangannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk
pengembangan sikap sosial siswa di kelas XI-IPS2 SMAS PAB 8 Saentis Tahun
Ajaran 2020/2021. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPS2 yang
berjumlah 31 siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian deskritif kualitatif.
Instrumen dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
kesimpulan. Temuan dan hasil penelitian ini diperoleh berdasarkan analisis
kesimpulan dari hasil observasi dan wawancara setelah siswadiberikan layanan
informasi yang menghasilkan perubahan signifikan dari keadaan sikap sosial siswa
dari aspek kejujuran, disiplin, bertanggung jawab, sopan santun, toleransi dan
percaya diri. Jadi, dengan adanya layanan informasi yang diterapkan kepada siswa
dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai bagaimana kriteria menjadi pribadi
yang memiliki sikap sosial yang baik. Maka peneliti menarik kesimpulan bahwa
pelaksanaan layanan informasi efektif untuk pengembangan sikap sosial siswa di
kelas XI-IPS2 SMAS PAB 8 Saentis Tahun Ajaran 2020/2021. |
en_US |