dc.description.abstract |
Latar Belakang: Gaya belajar adalah cara yang konsisten yang dilakukan oleh seseorang
dalam menangkap stimulus atau informasi, cara mengingat, berfikir dan memecahkan soal.
Prestasi belajar merupakan suatu indikator yang sangat penting untuk mengukur keberhasilan
seseorang dalam belajar. Tujuan: mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap indeks prestasi
akademik mahasiswa FK UMSU. Metode: Observasional analitik dengan pendekatan cross
sectional. Pegambilan sampel menggunakan simple random sampling dan menggunakan
rumus slovin dengan jumlah sampel 122 orang. Uji analisis menggunkan uji Kruskal-Wallis
Test, dengan nilai signifikasi p < 0.05 Hasil: Mahasiswa IPK dengan pujian 7 (5.7%) dengan
gaya belajar auditori, IPK sangat memuaskan 65 (53.3%) dengan gaya belajar auditori, IPK
memuaskan 46 (37.7%) dengan gaya belajar auditori, IPK kurang 4 (3.3%) dengan gaya
belajar visual auditori. Hasil ujI didapatkan p=0.24. Kesimpulan: Tidak ada hubungan
antara gaya belajar dengan indeks prestasi akademik mahasiswa FK UMSU
Kata Kunci: gaya belajar, Indeks Prestasi Akademik |
en_US |