dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Investment Opportunity Set berpengaruh terhadap Manajemen Pajak, untuk mengetahui apakah fre cash flow berpengaruh terhadap Manajemen Pajak, untuk mengetahui apakah Firm Size berpengaruh terhadap Manajemen Pajak, dan untuk mengetahui apakah Investment Opportunity Set, free cash flow dan Firm Size secara bersama-sama berpengaruh terhadap Manajemen Pajak perusahaan otomotif dan komponennya yang terdaftar di BEI periode 2016-2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Adapan teknik analisis yang diguanakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis linear berganda. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel (3,253 > 1,677) dan mempunyai angka signifikan sebesar 0,009 > 0,05, artinya ada pengaruh antara Investement Opportunity Set terhadap Effective Tax Rate pada perusahaan Otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) priode 2016 sampai dengan 2020. Nilai ttabel (7,382 > 1,677) dan mempunyai angka signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Artinya Ada pengaruh Free Cash Flow terhadap Effective Tax Rate pada perusahaan Otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) priode 2016 sampai dengan 2020. Nilai ttabel (5,756 > 1,677) dan mempunyai angka signifikan sebesar 0,000 > 0,05, artinya Ada pengaruh Firem Size terhadap Effective Tax Rate pada perusahaan Otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) priode 2016 sampai dengan 2020. Berdasarkan penelitian yang di lakukan terhadap perusahaan Otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia priode 2016 sampai dengan 2020, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh secara simultan antara Investement Opportunity Set, Free Cash Flow, Firm Size Terhadap Effective Tax Rate dimana nilai Fhitung > Ftabel (14,862 > 2,81) .Besarnya nilai R-Square adalah sebesar 69 % hal ini berarti bahwa 69 % variasi nilai Effective Tax Rate ditentukan oleh peran dari variasi nilai Investement Opportunity Set, Free Cash Flow, Firm Size. sedangkan sisanya 31% adalah dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini seperti struktur aktiva dan pertumbuhan penjualan |
en_US |