dc.description.abstract |
Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian tindakan kelas dengan
melakukan tindakan-tindakan untuk memperbaiki pembelajaran berdasarkan
hasil refleksi. Pada penelitian tindakan kelas ada beberapa tahapan yang
seharusnya dilakukan yaitu perencanaan (Planning), tindakan (Acting),
pengamatan (Observing), dan refleksi (Reflecting). Berdasarkan hasil penelitian
dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa upaya meningkatkan
kognitif anak RA Muta`alimin Rantau Prapat berhasil ditingkatkan. Peningkatan
tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk persen
dari tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas. Berdasarkan
ketentuan keberhasilan minimal anak adalah BSH maka dapat dirata-ratakan
peningkatan keberhasilan pada anak yaitu pada pra siklus 38,3%, selanjutnya
siklus I rata-ratanya adalah 56,6%, pada siklus II terjadi peningkkatan dengan
rata-rata, 65%, selanjutnya pada siklus III rata-rata yang diperoleh anak adalah
91,6%. |
en_US |