dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsep diri positif melalui
pembelajaran Quantum Learning di RA Nurul Akmal Kecamatan Pantai Cermin
Kabupaten Serdang Bedagai. Penelitian ini dilakukan di RA Nurul Akmal Kecamatan
Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai. Subjek dalam penelitian ini adalah anakanak
RA Nurul Akmal Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai yang
berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari tiga siklus dengan tahapan
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik
analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif interpretatif. Berdasarkan
hasil penelitian diketahui bahwa melalui pembelajaran Quantum Learning dapat
meningkatkan konsep diri positif anak RA Nurul Akmal Kecamatan Pantai Cermin
Kabupaten Serdang Bedagai. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan
rata-rata dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas.
Berdasarkan ketentuan minimal anak adalah BSH maka dapat dirata-ratakan peningkatan
konsep diri positif anak yaitu pada pra siklus 24,9 %, selanjutnya siklus 1 rata-ratanya
51,6%, siklus 2 rata-ratanya 74,9 % dan pada siklus 3 rata-rata yang diperoleh anak
adalah 93,3%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui
pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan konsep diri anak Nurul Akamal
Kecamatan Panti Cermin Kabupaten Serdang Bedagai. |
en_US |