dc.description.abstract |
Kreativitas merupakan bakat yang secara potensial dimiliki setiap orang
yang dapat dibangun dan dikembangkan melalui pendidikan yang tepat. Hakekat
pendidikan adalah mengusahakan suatu lingkungan yang memungkinkan
pertumbuhan bakat, minat, dan kemampuan anak secara optimal. Salah satu
kegiatan yang dapat membangun dan mengembangkan kreativitas anak usia dini
diantaranya adalah dengan menggambar. Menggambar merupakan wahana yang
tepat untuk membangun kreativitas sejak dini, khususnya di tingkat Anak Usia
Dini. Subjek penelitian ini adalah anak didik di kelompok B RA Rabbani
Kecamatan Salapian Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2017-2018. Penelitian ini
bersifat kolaboratif antara peneliti, guru, dan kepala sekolah. Prosedur penelitian
ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk
mendapatkan data dan analisis melalui observasi wawancara dan dokumentasi.
Pelaksanaan penelitian dilakukan melalui tiga siklus yang dirancang secara
sistematis dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi,
dan refleksi.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan
menggambar anak melalui metode peer teaching yaitu pada siklus 1 kemampuan
menggambar anak meningkat menjadi 20,00%, pada siklus 2 kemampuan
menggambar anak meningkat sampai 68,88%, pada siklus 3 kemampuan
menggambar anak meningkat sampai 86,88%.
Dari hasil pelaksanaan PTK siklus 1 sampai siklus 3 maka metode peer
teaching dapat meningkatkan kemampuan kreativitas menggambar anak. |
en_US |