dc.description.abstract |
Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh, kondisi kemampuan anak
terkait dengan sikap tanggungjawab yang dimiliki oleh anak tergolong rendah, serta
upaya yang dilakukan oleh tenaga pengajar selama ini, belum membuahkan hasil
yang optimal bahkan dapat dikatakan belum mampu untuk meningkatkan karakter
sopan santun pada anak seperti mengucapkan salam, mengucapkan terimakasih,
meminta izin kepada orang tua dalam melakukan sesuatu, dan lain-lain.
Berdasarkan permasalahan di atas diharapkan melalui kegiatan proyek dapat
meningkatkan sikap tanggungjawab pada anak. Dalam pelaksanaannya penelitian
yang bersubjek 15 orang terdiri dari 7 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Teknik
pengumpulan dan analisis data dilakukan dengan cara melakukakn observasi dan
dokumentasi. Penelitian ini dilakukan melalui 3 siklus yang dilakukan dengan 4
tahapan seperti perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan analisis, serta refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa sikap
tanggungjawab pada anak sebelum melakukan tindakan penelitian menunjukkan nilai
sebesar 20%. Pada siklus 1 meningkat menjadi 42%. Pada siklus 2, sikap
tanggungjawab anak kembali meningkat dengan menunjukkan nilai persentase
sebesar 75%. Pada siklus 3 sikap tanggungjawab pada anak mengalami peningkatan
kembali dengan nilai persentase sebesar 85%. Hal ini menunjukkan bahwa upaya
untuk meningkatkan sikap tanggungjawab pada anak melalui media animasi di RA
Cendikiya Bunayya, Kabanjahe terbukti efektif dan untuk meningkatkan sikap
tanggungjawab pada anak terkhususnya untuk anak usia RA sederajat. |
en_US |