Research Repository

Pengembangan E – Modul Matematika Sebagai Bahan Ajar Alternatif Siswa Pada Materi Himpunan di SMP Muhammadiyah 8 Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Harahap, Rona Nur Pasiul
dc.date.accessioned 2021-11-23T19:05:25Z
dc.date.available 2021-11-23T19:05:25Z
dc.date.issued 2021-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16252
dc.description.abstract Jenis penelitian ini menggunakan pengembangan Research and Development (R&D). Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan produk dan mengetahui validitas, respon siswa terhadap E – modul sebagai bahan ajar alternatif siswa yang telah dihasilkan. Produk ini dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE yang dimodifiksi menjadi 3 tahap yaitu analisis (analysis), perancangan (design), dan pengembangan (development). Penelitian ini mengembangkan E – modul Matematika Sebagai Bahan Ajar Alternatif Siswa Pada Materi Himpunan Di SMP Muhammdiyah 8 Medan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII – SMP yang terdiri dari 10 siswa, dimana peneliti memilih responden berdasarkan skala kecil. E – modul yang telah dibuat memehuni kriteria kevalidan yang ditunjukan dengan menggunakan lembar validasi ahli media dan ahli materi. Hasil validasi ahli media mencapai skor ratarata 3.06 dengan kriteria valid, dan hasil validasi ahli materi mencapai skor ratarata 3.15 dengan kriteria valid. Aspek kemenarikan berdasarkan respon siswa mencapai skor rata-rata 3.43 dengan kategori menarik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa e – modul matermatika sebagai bahan ajar alternatif siswa pada materi himpunan layak dan menarik untuk digunakan yang ditinjau dari aspek kevalidan dan respon siswa. en_US
dc.subject Pengembangan E – modul Matematika en_US
dc.subject Bahan Ajar en_US
dc.subject Himpunan en_US
dc.title Pengembangan E – Modul Matematika Sebagai Bahan Ajar Alternatif Siswa Pada Materi Himpunan di SMP Muhammadiyah 8 Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account