dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak
melalui media pembelajaran edukatif di RA Al-Ihsan Mulia Medan. Penelitian ini
dilakukan di RA Al-Ihsan Mulia Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah anakanak
RA Al-Ihsan Mulia Medan yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 6
anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas terdiri dari tiga siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan
dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan lembar observasi dan teknik analisis data dilakukan dengan
menggunakan statistik deskriptif sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diketahui
bahwa melalui media pembelajaran edukatif dapat meningkatkan kemampuan motorik
halus anak. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata
dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas.
Berdasarkan ketentuan minimal anak adalah BSH maka dapat dirata-ratakan
peningkatan kemampuan motorik halus anak yaitu pada pra siklus 26,6 %,
selanjutnya siklus 1 rata-ratanya 48,8%, siklus 2 rata-ratanya 71,0% dan pada siklus 3
rata-rata yang diperoleh anak adalah 91,0%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut
dapat disimpulkan bahwa melalui media pembelajaran edukatif dapat meningkatkan
kemampuan motorik halus anak di RA Al-Ihsan Mulia Medan |
en_US |