Research Repository

Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Media Pembelajaran Edukatif Di Ra Al-Ihsan Mulia Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Simarmata, Ratih Sophia
dc.date.accessioned 2020-03-02T12:34:59Z
dc.date.available 2020-03-02T12:34:59Z
dc.date.issued 2018-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1622
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui media pembelajaran edukatif di RA Al-Ihsan Mulia Medan. Penelitian ini dilakukan di RA Al-Ihsan Mulia Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah anakanak RA Al-Ihsan Mulia Medan yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari tiga siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui media pembelajaran edukatif dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas. Berdasarkan ketentuan minimal anak adalah BSH maka dapat dirata-ratakan peningkatan kemampuan motorik halus anak yaitu pada pra siklus 26,6 %, selanjutnya siklus 1 rata-ratanya 48,8%, siklus 2 rata-ratanya 71,0% dan pada siklus 3 rata-rata yang diperoleh anak adalah 91,0%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui media pembelajaran edukatif dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di RA Al-Ihsan Mulia Medan en_US
dc.subject Motorik Halus Anak en_US
dc.subject Media Pembelajaran Edukatif en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Media Pembelajaran Edukatif Di Ra Al-Ihsan Mulia Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account