dc.description.abstract |
Skripsi ini mengkaji masalah bahasa yang salah berdasarkan tataran fonologis
untuk peserta didik Kelas VII SMP Negeri 1 Julok. Tujuan penulisan skripsi ini
adalah guna menganalisis bentuk bahasa Indonesia yang salah pada peserta didik
kelas VII SMP Negeri 1 Julok ditinjau dari aspek fonem. Untuk menelaah sebab
musabbab terdapatnya bahasa Indonesia yang salah pada peserta didik kelas VII
SMP Negeri 1 Julok ditinjau dari aspek fonem. Tata cara penelitian yang
diterapkan pada skripsi ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Sedangkan datanya
bersumber dari tes berbahasa siswa melalui rekaman suara. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa jenis-jenis kekeliruan berbahasa Indonesia pada siswa kelas
VII SMP Negeri 1 Julok ditinjau dari aspek fonem antara lain perubahan fonem
yang terdiri dari fonem /i/ pengucapannya yang terdengar /e/, fonem /f/
pengucapannya yang terdengar /p/, fonem /k/ pengucapannya yang terdengar /?/
bunyi hambat glotal, fonem /v/ pengucapannya yang terdengar /p/, fonem /z/
pengucapannya yang terdengar /j/, fonem /z/ pengucapannya yang terdengar /s/,
fonem /u/ pengucapannya yang terdengar /w/, fonem /e/ pengucapannya yang
terdengar /i/, dan penghilangan fonem /k/. Faktor-faktor penyebab siswa salah
dalam berbahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 1 Julok disebabkan oleh
bahan ajar yang tidak menarik, siswa sulit fokus selama proses belajar mengajar,
persepsi bahwa bahasa Indonesia adalah mata pelajaran yang sulit, sarana dan
prasarana yang kurang memadai, kurangnya dukungan orang tua terhadap
pelajaran bahasa Indonesia dan faktor bahasa ibu dan lingkungan yang berbahasa
Aceh, dan faktor kurangnya minat belajar siswa. |
en_US |