Research Repository

Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division dan Tipe Numbered Head Together di Kelas X SMA PAB 6 Helvetia

Show simple item record

dc.contributor.author Riandi, Dwi Andhika
dc.date.accessioned 2021-11-23T16:21:24Z
dc.date.available 2021-11-23T16:21:24Z
dc.date.issued 2021-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16181
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together lebih baik daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division di kelas X SMA PAB 6 Helvetia. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X Ipa yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X ipa 1 sebagai kelas eksperimen I yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dan kelas X ipa 2 sebagai kelas eksperimen II yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division. Instrumen berupa pretest dan posttest yang berbentuk essay dan sudah divalidasi oleh guru matematika SMA PAB 6 Helvetia dan 2 dosen jurusan matematika FKIP UMSU. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen I adalah dan nilai ratarata pretest kelas eksperimen II adalah dari hasil analisis data pretest berdistribusi normal dan homogen. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen I adalah dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen II adalah dari hasil analisis data posttest berdistribusi normal dan homogen. Setelah dilakukan uji hipotesis pada pretest diperoleh thitung( ) berdasrkan kriteria –ttabel(-2,21)< thitung( )< ttabel(2,21). Maka Ho diterima sehingga tidak terdapat perbedaan pretest kelas eksperimen I dengan kelas eksperimen II. Dilakukan uji hipotesis pada posttest, diperoleh thitung( ) berdasarkan kriteria thitung( )< ttabel(2,21). Maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together lebih baik daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division en_US
dc.title Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division dan Tipe Numbered Head Together di Kelas X SMA PAB 6 Helvetia en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account