Research Repository

Penerapan Model Pembelajaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas VII di MTS Madrisatul Ikbar Tembung T.A 2020/2021.

Show simple item record

dc.contributor.author Wulandari, Sri
dc.contributor.author Amri, Zulfi
dc.date.accessioned 2021-11-23T01:38:56Z
dc.date.available 2021-11-23T01:38:56Z
dc.date.issued 2021-10-14
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16168
dc.description.abstract Rumus masalah dalam penelitian ini adalah : (1)Bagaimana keaktifan belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learningdi MTS Madrisatul Ikbar T.A 2020/2021?. (2) Apakah pembelajaran dengan penerapan model prembelajaran Problem Based Learningdapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran matematika di MTS Madrisatul Ikbar T.A 2020/2021?. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana keaktifan belajar siswa pada pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran problem based learningdi MTS Madrisatul Ikbar Tembung T.A 2020/2021?. (2) Untuk mengetahui apakah belajar menggunakan model pembelajaran problem based learningdapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran matematika siswa MTS Madrisatul Ikbar Tembung T.A 2020/2021?. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Data penelitian ini diperoleh melalui tes dan observasi dan nyang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kwlas VII MTS Madrisatul Ikbar Tembung T.A 2020/2021. Dengan jumlah siswa 11 orang yang terdiri dari 7 orang siswa laki-laki dan 4 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus mempunyai tahapan yaitu : perecanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data peningkatan siswa yang diperoleh dilapangan ditulis dalam bentuk tabel dan diagram. Setelah data dianalisis diperoleh beberapa temuan yaitu tes awal menunjukan bahwa ketuntasan siswa mencapai 9,09% (1 siswa), siklus I mencapai 36,36% (4 siswa), dan terjadi peningkatan sebesar 27,27%, serta siklus II mencapai 81,82% (9 siswa) dan terjadi peningkatan sebesar 72,73%. Dengan demikian pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal terpenuhi karena ≥ 75%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran matematika pada siswa MTS Madrisatul Ikbar Tembung T.A 2020/2021. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Keaktifan Belajar, Model Pembelajaran Problem Based Learning en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas VII di MTS Madrisatul Ikbar Tembung T.A 2020/2021. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account