dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya penurunan penyaluran pembiayaan rekening koran syariah terhadap dana yang terealisasikan tidak sesuai dengan target yang telah ditetapkan pihak Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan wawancara. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan Realisasi pembiayaan rekening koran syariah tidak tercapai sesuai dengan target yang telah ditetapkan pihak Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan disebabkan karena kurangnya sosialisasi, distribusi(penyabaran produk), resiko yang tinggi, adanya moral hazard dari nasabah dan internal dari Bank Sumut Syariah. Marketing mix dengan konsep 4P yaitu Product, Price, Place, Promotion. Bahwasanya pihak Bank Sumut KC Syariah Medan belum melaksanakan konsep tersebut dengan maksimal seperti belum menyeluruhnya penyebaran/distribusi produk ini. Selama ini bank hanya terpusat kepada nasabah yang memiliki track record yang baik dengan alasan kehati-hatian bank sehingga target tidak tercapai. Kemudian, kurangnya sosialisasi ataupun promosi secara lebih intens untuk mendapatkan nasabah yang membutuhkan pembiayaan dan sebenarnya produk pembiayaan ini cukup bagus hanya saja di harapan nasabah produk pembiayaannya belum terlalu banyak. |
en_US |