dc.description.abstract |
Kemampuan membaca permulaan anak RA Mukhrijul Hidayah Dolok Masihul
Kabupaten Serdang Bedagai dalam membaca permulaan masih rendah. Hal ini
ditandai dengan anak yang belum mengenal huruf, serta lambang huruf, belum
bisa membaca suku kata, cara anak meletakkan buku yang masih terbalik dan
lain sebagainya.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat
ditarik kesimpulan bahwa upaya meningkatkan kemampuan anak dalam
membaca permulaan menggunakan metode fonik pada anak RA Mukhrijul
Hidayah Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai berhasil ditingkatkan.
Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata dalam
bentuk persen dari tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas.
Berdasarkan ketentuan keberhasilan minimal anak adalah BSH maka dapat di
rata-ratakan peningkatan keberhasilan pada anak yaitu pada pra siklus 21,9%,
selanjutnya siklus I rata-ratanya adalah 42,2%, pada siklus II terjadi
peningkkatan dengan rata-rata, 85,9%, selanjutnya pada siklus III rata-rata yang
diperoleh anak adalah 93,75%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat
dinyatakan bahwa penelitian yang telah dilakukan dapat meningkatkan
kemampuan anak dalam membaca permulaan menggunakan metode fonik pada
anak RA Mukhrijul Hidayah Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai. |
en_US |