dc.description.abstract |
Adapun yang menjadi rumusan dalam masalah ini adalah bagaimanakah
pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMP
Tunas Karya Batang Kuis Deli Serdang Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian
ini bertujuan mengetahui Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Motivasi
Belajar Siswa Kelas IX SMP Tunas Karya Batang Kuis Deli Serdang tahun
pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini di laksanakan di SMP Tunas Karya Batang
Kuis Deli Serdang. Secara umum penelitian ini ditujukan kepada seluruh kelas IX
SMP Tunas Karya Batang Kuis Deli Serdang tahun pembelajaran 2016/2017. Yang
berjumlah 65 siswa, sedangkan untuk menentukan sampel dalam penelitian ini
menggunakan purposive sampling yakni 25 orang siswa kelas IX Unggulan.
Instrument yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket untuk variabel
(X) tentang Komunikasi Interpersonal dan variabel (Y) motivasi belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan product moment. Berdasarkan hasil penelitian maka di
peroleh hasil pengujian korelasi rxy=0.89 lebih besar dari rtabel= 0,396 (0,89 > 0,396)
dari hasil tersebut menunjukkan bahwa pengaruh antara komunikasi interpersonal
terhadap motivasi belajar siswa adalah positif. Dari hasil penelitian di peroleh
thitung=9,3621 sedangkan ttabel=2,059. Berdasarkan uji hipotesis kedua data tersebut
diperoleh nilai thitung > ttabel (9,3621≥2,059), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Ini
menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel X dengan variabel
Y, dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh komunikasi interpersonal terhadap
motivasi belajar siswa di SMP Tunas Karya Batang Kuis Deli Serdang tahun
pembelajaran 2016/2017. |
en_US |