dc.description.abstract |
Dalam pendidian anak usia dini hendaknya dapat mengembangkan kreativitas dan di RA AR-RIDHA Terjun Kecamatan Medan Marelan Kota Medan kemampuan dalam berkreativitas anak masih rendah, seperti dalam hasil karya mengisi pola dengan teknik membatik dari media kentang. Hal ini dikarenakan sebagian anak-anak masih belum berkembang, ini terlihat pada masalah ketika hasil karya anak masih belum memunculkan ide-ide sendiri masih diarahkan oleh orangtua atau guru. Sehingga tidak menutup kemungkinan hasil membatik anak tersebut bukan ide mereka sendiri akan tetapi ide dari arahan orang lain, dan juga pembelajaran kurang menarik sehingga anak mudah bosen. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil dan proses pembelajaran kreativitas membatik anak kelompok B di RA AR-RIDHA, Terjun. Sebagai teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, penugasan, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model membatik dari kentang yang dilaksanakan dapat meningkatkan kreativitas anak dengan media kentang yang digunakan dalam pembelajaran merupakan pembelajaran yang menyenangkan, anak melihat langsung apa yang dipelajarinnya. Hal ini terlihat dari meningkatnya kreativitas anak berdasarkan nilai dari data prasiklus 23,43%, siklus I meningkat menjadi 32,81%, siklus II meningkat menjadi 70,31%, dan siklus III meningkat menjadi 93,74%. Berdasarkan data tersebut maka peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan membatin dari kentang dikatakan efektif. |
en_US |