Research Repository

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa Pada Siswa SMP

Show simple item record

dc.contributor.author Hutagalung, Nurfajriah
dc.contributor.author Lisanuddin
dc.date.accessioned 2021-08-25T02:37:38Z
dc.date.available 2021-08-25T02:37:38Z
dc.date.issued 2021-06-22
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15366
dc.description.abstract Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan Guided Inquiry yang dapat memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang valid. Penelitianini menggunakan pengembangan Research and Development (R&D) model 4-D yang meliputi empat tahapan yaitu pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Namun dimodifikasi maka penelitian ini hanya sampai 3-D yang meliputi tiga tahapan yaitu tahapan pendefenisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Tahapan define maerupakan tahapan awal dari permasalahan. Tahapan design dilakukan perancangan perangkat pembelajaran berupa Lembar Kerja Peserta Didik dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran serta instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi. Tahapan developdilakukan validasi instrumen berupa angket kepada validator oleh ahli media, ahli materi dan guru. Hasil dari penelitian menghasilkan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Guided Inquiry Untuk Memfasilitasi Kemampuan komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP yang valid. Berdasarkan hasil dari angket penilaian validator Lembar Kerja Peserta Didik didapat nilai dari ahli media sebesar 4,0 dengan kriteria valid, ahli materi sebesar 3,58 dengan kriteria valid dan guru sebesar 3,62 dengan kriteria valid, dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran didapat nilai dari validtor 1 sebesar 4,0 dengan kriteria valid, validtor 2 sebesar 3,83 dengan kriteria valid dan validtor 3 sebesar 3,83 dengan kriteria valid. Dan juga Hasil analisis data uji efektifitas LKPD yang diperoleh dari tes hasil belajar uji coba 1 dan uji coba 2 pada siswa dan analisis data respon peserta didik berkategori efektif. Berdasarkan hasil dari angket responpeserta didik sebesar 3,23 dengan kategori efektif dan hasil dari uji coba 1 dan uji coba 2 memiliki kenaikan sebesar 7,44 dapat dibuktikan bahwa Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Guided Inquirybekategori efektif en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Lembar Kerja Peserta Didik en_US
dc.subject Guided Inquiry en_US
dc.subject Sistem persamaan Linear Dua Variabel en_US
dc.title Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa Pada Siswa SMP en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account