dc.description.abstract |
Semiotika merupakan ilmu yang mempelajari tentang tanda, tentang
berfungsinya sebuah tanda dan terciptanya sebuah makna. Tugas pokok semiotika
adalah mengidentifikasi, mendokumentasikan, dan mengklasifikasikan jenis-jenis
utama tanda dan cara penggunaannya dalam aktivitas yang bersifat representatif.
Iklan layanan masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (KKRI)
dan Gerakan Masyarakat (Germas): Isi Piringku di televisi merupakan iklan yang
bertujuan untuk mengingatkan masyarakat tentang pentingnya mengkonsumsi
makanan yang sehat dan juga sebagai pedoman konsumsi sehari-hari dalam
memenuhi asupan gizi seimbang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
dan mendeskripsikan makna ikon, indeks dan simbol iklan layanan masyarakat
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (KKRI) dan Gerakan Masyarakat
(Germas): Isi Piringku di televisi. Untuk mengkaji makna yang terdapat pada
iklan layanan masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (KKRI)
dan Gerakan Masyarakat (Germas): Isi Piringku di televisi menggunakan teori
semiotika Charles Sanders Peirce. Sumber data penelitian diperoleh langsung dari
penelitian melalui cara dokumentasi terhadap objek penelitian iklan layanan
masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (KKRI) dan Gerakan
Masyarakat (Germas):Isi Piringku di televisidalam bentuk video. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian menunjukan adanya makna ikon, makna indeks, dan makna
simbol pada iklan layanan masyarakat Kementerian Kesehatan Republik
Indonesia (KKRI) dan Gerakan Masyarakat (Germas): Isi Piringku di televisi |
en_US |