Research Repository

Analisis Glosarium Bahasa Slang di Media Sosial

Show simple item record

dc.contributor.author Saranate, Mawaddah
dc.date.accessioned 2021-06-14T01:54:58Z
dc.date.available 2021-06-14T01:54:58Z
dc.date.issued 2021-05-06
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15205
dc.description.abstract Seiring perkembangan zaman, pemakaian bahasa di kalangan remaja memicu munculnya bahasa slang atau bahasa gaul terutama di media sosial. Bahasa slang atau bahasa gaul adalah gaya bahasa tidak baku yang menggunakan istilah-istilah baru seperti terjemahan, singkatan, maupun plesetan dalam berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk glosarium bahasa slang dan maknanya dalam berkomunikasi di media sosial. Sumber data dalam penelitian ini berupa postingan, komentar-komentar dan chatting dalam media sosial. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah bahasa slang yang ada dalam media sosial facebook, instagram, whatsapp, dan twitter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi yaitu 1) Screenshoot (rekaman gambar) dan 2) Data tulisan. Teknik analisis data yang dilakukan: 1) Reduksi data, 2) Penyajian data dan 3) Membuat kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa terdapat 40 bahasa slang yang masuk ke dalam bentuk glosarium. Bahasa slang yang diperoleh di media sosial diklasifikasikan menjadi empat bagian yaitu bahasa slang singkatan dengan 24 kata (60%), kemudian bahasa slang salah ucap yang lucu dengan jumlah 10 kata (25%), bahasa slang yang dipendekkan 3 kata (7,5%) dan bahasa slang interjeksi juga ditemukan dengan jumlah 3 kata (7,5%). en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Glosarium en_US
dc.subject Bahasa Slang en_US
dc.subject Media Sosial en_US
dc.title Analisis Glosarium Bahasa Slang di Media Sosial en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account