dc.description.abstract |
Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian tindakan kelas dengan
melakukan tindakan-tindakan untuk memperbaiki pembelajaran berdasarkan hasil
refleksi. Pada penelitian tindakan kelas ada beberapa tahapan yang seharusnya
dilakukan yaitu perencanaan (Planning), tindakan (Acting), pengamatan (Observing),
dan refleksi (Reflecting). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat
ditarik kesimpulan bahwa upaya meningkatkan kemampuan hafalan surat pendek
Alquran menggunakan penerapan model pembelajaran klasikal melalui audio visual
dalam meningkatkan kemampuan menghafal surah pendek pada anak RA Al-Quran
Ulfah Kota Padang Sidempuanberhasil ditingkatkan. Peningkatan tersebut dapat dilihat
dari adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan
setelah dilakukan tindakan kelas. Berdasarkan ketentuan keberhasilan minimal anak
adalah BSH maka dapat dirata-ratakan peningkatan keberhasilan pada anak yaitu pada
pra siklus 21,9%, selanjutnya siklus I rata-ratanya adalah 42,2%, pada siklus II terjadi
peningkkatan dengan rata-rata, 85,9%, selanjutnya pada siklus III rata-rata yang
diperoleh anak adalah 93,75%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat dinyatakan
bahwa penelitian yang telah dilakukan dapat meningkatkan kemampuan hafalan surat
pendek Alquran pada anak. |
en_US |