dc.description.abstract |
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam
menulis teks deskripsi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Binjai Tahun
Pembelajaran 2019-2020 karena tidak adanya media pendukung dalam
pembelajaran yang mumpuni. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh acara tayangan Indonesia Bagus terhadap kemampuan menulis teks
deskripsi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Binjai Tahun Pembelajaran 20192020.
Populasi
dalam
penelitian
ini
adalah
seluruh
kelas
VII
SMP
Negeri 6
Binjai
yang berjumlah 301 siswa yang tersebar kedalam 9 kelas. Dalam
penentuan sampel, peneliti menggunakan teknik simple random sampling dan
terpilih kelas VII 1 dan VII 4 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen
dengan menggunakan media tayangan Indonesia Bagus di Net TV dan 32 siswa
sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan media tayangan Indonesia Bagus di
Net TV. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan
desain penelitian posttest only control design, dengan Instrumen berupa tes
tertulis yaitu tes kemampuan menulis teks deskripsi. Berdasarkan hasil
penelitian, bahwa kemampuan menulis teks deskripsi kelompok dengan
menggunakan media tayangan Indonesia Bagus di Net TV 80,63 termasuk
kategori (B), sementara kelompok siswa yang tidak menggunakan acara tayangan
Indonesia Bagus di Net TV memperoleh nilai rata-rata 58,91 termasuk dalam
kategori (C). Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hipotesis terbukti,
melalui uji hipotesis uji t diperoleh thitung> ttabel yaitu 4,83> 1,998. Hal ini berarti
terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan acara tayangan Indonesia Bagus di
Net TV dalam Keterampilan menulis teks deskripsi oleh siswa kelas VII SMP
Negeri 6 Binjai Tahun Pembelajaran 2019-2020. |
en_US |