dc.description.abstract |
Pada penelitian ini desain bodi skateboard yang dirancang akan dibuat lebih
efisien dari desain skateboard yang seperti biasa ditemui pada umumnya. Karena
Seiring berjalan nya waktu penelitian aerodinamika pada suatu bentuk kendaraan
model dulu hingga sekarang mengalami penurunan nilai pada koefisien drag.
Untuk mendapatkan penurunan nilai yang rendah tersebut maka dilakukan cara
dengan mendesain bodi skateboard agar efisien sehingga mengarah pada
penurunan tahanan hambatan dan mendapatkan hasil bentuk yang aerodinamis.
Penelitian ini bertujuan untuk menegetahui suatu bentuk garis kecepatan, linstasan
aliran, tahanan hambatan, dan tahanan koefisien yang diterima oleh bentuk
skateboard. Penelitian analisis aliran aerodinamika pada skateboard ini dilakukan
menggunakan suatu proses analisis yaitu simulasi aliran yang tersedia pada
perangkat lunak Solidworks 2016. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah
dilakukan dilihat dari bentuk garis kecepatan dan lintasan aliran hasil analisis
diperoleh bahwa bentuk skateboard desain 2 memiliki pola aliran yang lebih
lancar pada bagian papan atas dibandingkan jenis bentuk skateboard desain 1 yang
menghasilkan putaran aliran balik pada bagian atas papan. Serta didukung oleh
hasil perbandingan desain 1 dan desain 2 diambil data nilai yang paling tertinggi
pada masing-masing desain dengan kecepatan 35 m/s dengan densitas fluida 1,225
𝑘𝑔/𝑚
maka didapat nilai tahanan hambatan pada desain 1 adalah 10,94169313
N dan koefisien hambat nya 9,06215e -07 dan sedangkan pada desain 2 didapat
nilai tahanna hambatan nya 6,642596152 N dan koefisien hambat nya 7,11141E07,
setelah mengetahui hasil dari simulasi tampak terlihat bahwa konsep pada
desain kedua memiliki nilai yang lebih aerodinamis. |
en_US |