dc.description.abstract |
Rendahnya kemampuan matematika siswa pada materi Logaritma disebabkan
karena kurangnya alat peraga yang mendukung pembelajaran pada materi
Logaritma sehingga peneliti mendesain sebuah alat peraga yang dapat mendukung
pembelajaran matematika pada materi Logaritma. Penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan desain pengembangan alat peraga jam logaritma yang berbasis
konsep pada materi Logaritma. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan
(RnD) menggunakan ADDIE yaitu dahap pendefinisian (define), tahap
perancangan (design),
tahap pengembangan (develop),
implementasi
(implementation), evaluasi (evaluation). Instrumen penelitian adalah angket uji
kelayakan ahli dan instrument evaluasi hasil belajar. Berdasarkan hasil validasi
Ahli, dari hasil penilaian akhir pada IPPP-1 oleh ketiga ahli dengan rata-rata skor
3,60 dengan persentase 90,00 % memenuhi kriteria layak. Hasil penilaian akhir
pada IPPP-2 oleh ketiga ahli dengan dengan rata-rata skor 3,40 dengan persentase
85,00 % memenuhi kriteria layak. Serta hasil penilaian akhir pada IPPP-3 oleh
ketiga ahli dengan rata-rata skor 3,30 dengan persentase 82,30 % memenuhi
kriteria layak. Berdasarkan data siswa kelas X TBSM SMK Muhammadiyah 9
Medan pada tes hasil belajar digunakan ternyata siswa tersebut melebihi batas
ketuntasan yang sudah dicapai yaitu 80%. Dengan demikian dari hasil ketuntasan
siswa yang melaksanakan uji coba penelitian kelompok kecil dan mengerjakan
soal tes mencapai skor lebih dari batas 80% maka alat peraga jam logaritma
terbukti efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa
desain pengembangan alat peraga Jam Logaritma efekifs digunakan. |
en_US |