Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemampuan Menentukan Struktur Teks Laporan Hasil Observasi oleh Siswa Kelas X SMA Swasta YPK Medan Tahun Pembelajaran 2015-2016

Show simple item record

dc.contributor.author Sari, Rafika Purnama
dc.date.accessioned 2020-12-29T06:34:44Z
dc.date.available 2020-12-29T06:34:44Z
dc.date.issued 2015-09-30
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14684
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa menentukan struktur teks laporan hasil observasi dengan model pembelajaran inkuiri, kemudian untuk mengetahui kemampuan siswa menentukan struktur teks laporan hasil observasi dengan model konvensional. Tujuan akhir penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model pembelajaran inkuiri terhadap Kemampuan Menentukan Struktur Teks Laporan Hasil Observasi Oleh Siswa Kelas X SMA Swasta YPK Medan Tahun Pembelajaran 2015-2016. Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta YPK Medan di kelas X. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 157 siswa dan sampel diambil secara Total sampling class (sampel total), siswa yang ada di kelas Xmia-I berjumlah 40 siswa, Xmia-II berjumlah 39 siswa, Xiis-I berjumlah 39 dan Xiis-II berjumlah 39 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen, dengan model pembelajaran inkuiri pada kelas eksperimen dan model konvensional pada kelas kontrol. Penelitian ini menunjukan pengaruh suatu model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa menentukan struktur teks laporan hasil observasi, dengan model ini peneliti menggunakan harga pada Ttabel sebagai langkah–langkah dalam mengelola hasil data yang diperoleh siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes esai menentukan struktur teks laporan hasil observasi. Penelitian yang dilakukan pada kelas eksperimen menunjukan 26 siswa mendapat nilai baik sekali dengan presentase 26%, 13 siswa mendapat nilai baik dengan presentase 32,5%, 1 siswa mendapat nilai gagal dengan presentase 2,5%. Sedangkan pada kelas kontrol menunjukan 6 siswa mendapat nilai baik sekali dengan presentase 15,4%, 17 siswa mendapat nilai baik dengan presentase 43,6%, 7 siswa mendapat nilai cukup dengan presentase 17,9%, 4 siswa mendapat nilai kurang dengan presentase 5,2% dan 3 siswa mendapat nilai gagal dengan presentase 7,7% maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan siswa menentukan struktur teks laporan hasil observasi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inquiri dan menggunakan model konvensional, Hal ini dilihat dari perbandingan nilai rata-rata pada tingkat sangat baik yaitu pada kelas eksperimen adalah 84,1 (mean) dan pada kelas kontrol 65,4 (mean). Selanjutnya dalam pengujian hipotesis diperoleh harga thitung > ttabel yaitu ( 5,807 > 1,664 ) artinya model pembelajaran inkuiri memiliki pengaruh terhadap kemampuan menentukan struktur teks laporan hasil observasi oleh siswa kelas X SMA Swasta YPK Medan Tahun Pembelajaran 2015-2016. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Pembelajaran Inkuiri en_US
dc.subject Menentukan Struktur en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemampuan Menentukan Struktur Teks Laporan Hasil Observasi oleh Siswa Kelas X SMA Swasta YPK Medan Tahun Pembelajaran 2015-2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account