Research Repository

Pengaruh Kecerdasan Visual Spasial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Swasta Muhammadiyah 03 Medan T.P 2020/2021.

Show simple item record

dc.contributor.author .Tarigan, Hendra Alvianto
dc.date.accessioned 2020-12-17T03:25:24Z
dc.date.available 2020-12-17T03:25:24Z
dc.date.issued 2020-11-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14628
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kecerdasan visual spasial terhadap hasil belajar matematika pada siswa SMP Swasta Muhammadiyah 03 Medan T.P 2020/2021 dan seberapa besar pengaruh kecerdasan visual spasial terhadap hasil belajar matematika pada siswa SMP Swasta Muhammadiyah 03 Medan T.P 2020/2020. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah ada pengaruh kecerdasan visual spasialterhadap hasil belajar matematika siswa SMP Swasta Muhammadiyah 03 Medan T.P 2020/2021 danuntuk mengetahui seberapa besarpengaruh kecerdasan visual spasialterhadap hasil belajar matematika siswa SMP Swasta Muhammadiyah 03 Medan T.P. 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasy Experimen). Instrumen ini dilakukan untuk dapat melihat hubungan dari variabel penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa SMP Swasta Muhammadiyah 03 Medan Kelas VIII yang berjumlah 143 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII A yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Dari hasil pre-test menunjukkan bahwa rata-rata kelas eksperimen adalah 46,571 sedangkan rata-rata pre-test pada kelas kontrol adalah 43,429. Dari hasil post-test diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen adalah 79,714 sedangkan rata-rata pada kelas kontrol adalah 66,143. Dari analisis data menunjukkan bahwa kelas eksperimen, nilai pre-test = 0,109 dan nilai post-test = 0,117. Sedangkan untuk kelas kelas kontrol, nilai pre-test = 0,102 dan nilai post-test = 0,114. Untuk uji homogenitas pada pre-test kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Fhitung (1,461) < Ftabel (1,774). Untuk uji homogenitas pada post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Fhitung (1,172) < Ftabel (1,774). Selanjutnya dari hasil perhitungan t-test , diperoleh thitung (5,536) > ttabel (1,995) artinya rata-rata hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar dengan menggunakan pembelajaran visual spasial lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Ekspositori dan pembelajaran visual spasial efektif terhadap hasil belajar matematika siswa. en_US
dc.subject Pengaruh en_US
dc.subject Visual Spasial en_US
dc.subject Hasil Belajar Siswa en_US
dc.title Pengaruh Kecerdasan Visual Spasial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Swasta Muhammadiyah 03 Medan T.P 2020/2021. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account