dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana Proses Penerapan
Metode Stop Think Do Terhadap Pemahaman Konsep Pada siswa kelas VII - 1 MTS
AL-RIDHO T.A 2020/2021?. (2) Bagaimana peningkatan dari penerapan metode Stop
Think Do terhadap konsep pemahaman pada siswa kelas VII – 1 MTS AL- RIDHO
T.A 2020/2021?. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana
kemampuan pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan pecahan kelas VII -1
MTS AL-RIDHO T.A 2020/2021 dengan penerapan metode Stop Think Do. (2) Untuk
mengetahui apakah penerapan metode Stop Think Do dapat meningkatkan pemahaman
konsep belajar siswa pada pokok bahasan pecahan kelas VII-1 MTS AL – RIDHO T.A
2020/2021. Jenis penelitian ini yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Data
penelitian ini diperoleh melalui tes dan observasi yang menjadisubjek dalam penelitian
ini adalah siswa kelas VII -1 MTS AL – RIDHO T.A 2020/2021. Dengan jumlah siswa
12 orang siswa laki-laki dan perempuan 13 orang siswa perempuan. Penelitian ini
dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus mempunyai
tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data peningkatan
siswa yang diperoleh dilapangan ditulis dalam bentuk tabel dan diagram. Setelah data
dianalisis diperoleh beberapa temuan yaitu tes mencapai 24% (6 siswa), siklu I
mencapai 60% (15 siswa), dan terjadi peningkatan sebesar 36%. Serta siklus II
mencapai 88% (22 siswa) dan terjadi peningkatan sebesar 64%. Dengan demikian pada
siklus II ketentuan belajar siswa secara klasikal terpenuhi karena ≥75%. Berdasarkan
hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Stop Think Do
dapat meingkatkan pemahaman konsep pada pokok bahasan pecahan kelas VII -1 MTS
AL-RIDHO T.A 2020/2021. |
en_US |